Proposal Pendirian Usaha Bisnis Mukena
PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
BISNIS MUKENA
Disusun Oleh:
Nama : Novika Dwi Anggraini
NPM : 18214074
Kelas : 3EA47
Dosen : Rooswhan Budhi Utomo
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KARAWACI
2017
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di zaman sekarang ini, kebutuhan hidup sudah semakin bertambah. Kebutuhan sekunder sekarang menjadi kebutuhan primer. Sedangkan harga terus melonjak tanpa diimbangi dengan naiknya penghasilan. Sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Satu-satunya cara untuk memperbaiki perekonomian adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Berbisnis adalah hal yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan apabila dijalankan dengan baik.
Mengingat bahwa masyarakat di Indonesia mayoritas adalah umat muslim, apalagi saat ini sudah mendekati bulan Ramadhan, biasanya banyak orang yang mencari busana muslim atau alat solat seperti mukena untuk digunakan pada saat lebaran nanti. Bukan hanya pada saat bulan Ramadhan saja alat solat seperti mukena dicari masyarakat, tapi juga sepanjang tahun. Hal ini terjadi karena setiap harinya umat muslim wanita menggunakan mukena untuk menjalankan ibadah.
Dari kondisi ini, saya tertarik untuk membuka bisnis online shop dengan menjual berbagai jenis mukena. Dengan menjualnya secara online, maka penyebarannya akan jauh lebih luas dibandingkan dengan membuka di toko saja.
B. Nama Usaha
Usaha yang didirikan akan diberi nama “MAQNA MUKENA” dengan badan usaha berbentuk perseorangan.
C. Visi Usaha
Memberikan semangat kepada muslimah untuk tetap menjaga shalat, serta memberikan motivasi kepada muslimah yang belum menjalankan shalat.
D. Misi Usaha
• Melayani dengan sepenuh hati
• Menjamin kualitas yang baik
E. Tujuan Usaha
• Untuk memperoleh keuntungan
• Sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Target Pelanggan
Target pelanggan Maqna Mukena adalah muslimah-muslimah seluruh Indonesia, baik anak-anak, remaja putri, maupun ibu-ibu. Untuk itu, kami akan melakukan promosi melalui media sosial kepada para muslimah. Promosi menggunakan media sosial cukup efektif karena masyarakat banyak yang mencari barang yang ingin mereka beli dari internet, selain itu pengguna media sosial mayoritas adalah perempuan.
B. Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah:
1) Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar. Harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas.
2) Strategi Promosi
Strategi promosi dilakukan dengan cara memasarkan melalui media sosial, grup chatting, dari mulut ke mulut, dll.
3) Strategi Bisnis
Strategi bisnis dilakukan dengan mempelajari pesaing untuk mengambil hal-hal yang baik dari mereka.
C. Analisis SWOT
1. Strenght
• Potensi pasar yang cukup besar dan menjanjikan
• Respon masyarakat yang positif
• Bahan baku yang mudah didapat
• Kualitas yang baik
• Harga lebih murah
2. Weakness
• Jumlah pesaing yang cukup banyak
• Ketidakpercayaan masyarakat akan kualitas yang ditawarkan
3. Opportunity
• Banyaknya konsumen
• Mudahnya melakukan promosi
4. Threats
• Timbul usaha sejenis yang lebih murah
• Jaringan usaha yang belum luas
• Naiknya harga bahan baku karena banyaknya permintaan
D. Rencana Anggaran
1. Pembiayaan
a. Modal Awal
• Mukena 2½ lusin @Rp 60.000/pcs Rp 1.800.000
• Lain-lain Rp 50.000
• Jumlah Rp 1.850.000
b. Biaya Variabel
• Alat tulis Rp 10.000
• Plastik Rp 20.000
• Lakban Rp 5.000
• Jumlah Rp 35.000
c. Biaya Tetap
• Wifi Rp 250.000
• Jumlah Rp 250.000
2. Analisis Titik Impas
Jumlah modal awal : Harga jual
= 1.850.000 : 130.000
= 14,2 ≈ 14 pcs
Jadi, untuk mencapai titik impas maka mukena harus terjual sebanyak 14 buah.
3. Perkiraan Penjualan
Asumsi per hari terjual 1 pcs
1⨯130.000⨯30 hari = 3.900.000
4. Laba Bersih
Penjualan Biaya Variabel Biaya Tetap
= Rp 3.900.000 Rp 35.000 Rp 250.000
= Rp 3.615.000
5. Perkiraan Modal Kembali (Payback Period)
BAB III
PENUTUP
A. Penutup
Demikianlah proposal ini kami ajukan. Semoga mendapatkan sambutan yang positif dan menjadi bahan pertimbangan, serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
Kami yakin dengan rencana ini, usaha yang kami lakukan mampu memperoleh keuntungan yang besar. Hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan serta pertimbangan bagi investor. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
BISNIS MUKENA
Disusun Oleh:
Nama : Novika Dwi Anggraini
NPM : 18214074
Kelas : 3EA47
Dosen : Rooswhan Budhi Utomo
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KARAWACI
2017
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di zaman sekarang ini, kebutuhan hidup sudah semakin bertambah. Kebutuhan sekunder sekarang menjadi kebutuhan primer. Sedangkan harga terus melonjak tanpa diimbangi dengan naiknya penghasilan. Sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Satu-satunya cara untuk memperbaiki perekonomian adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Berbisnis adalah hal yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan apabila dijalankan dengan baik.
Mengingat bahwa masyarakat di Indonesia mayoritas adalah umat muslim, apalagi saat ini sudah mendekati bulan Ramadhan, biasanya banyak orang yang mencari busana muslim atau alat solat seperti mukena untuk digunakan pada saat lebaran nanti. Bukan hanya pada saat bulan Ramadhan saja alat solat seperti mukena dicari masyarakat, tapi juga sepanjang tahun. Hal ini terjadi karena setiap harinya umat muslim wanita menggunakan mukena untuk menjalankan ibadah.
Dari kondisi ini, saya tertarik untuk membuka bisnis online shop dengan menjual berbagai jenis mukena. Dengan menjualnya secara online, maka penyebarannya akan jauh lebih luas dibandingkan dengan membuka di toko saja.
B. Nama Usaha
Usaha yang didirikan akan diberi nama “MAQNA MUKENA” dengan badan usaha berbentuk perseorangan.
C. Visi Usaha
Memberikan semangat kepada muslimah untuk tetap menjaga shalat, serta memberikan motivasi kepada muslimah yang belum menjalankan shalat.
D. Misi Usaha
• Melayani dengan sepenuh hati
• Menjamin kualitas yang baik
E. Tujuan Usaha
• Untuk memperoleh keuntungan
• Sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Target Pelanggan
Target pelanggan Maqna Mukena adalah muslimah-muslimah seluruh Indonesia, baik anak-anak, remaja putri, maupun ibu-ibu. Untuk itu, kami akan melakukan promosi melalui media sosial kepada para muslimah. Promosi menggunakan media sosial cukup efektif karena masyarakat banyak yang mencari barang yang ingin mereka beli dari internet, selain itu pengguna media sosial mayoritas adalah perempuan.
B. Analisa Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah:
1) Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar. Harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas.
2) Strategi Promosi
Strategi promosi dilakukan dengan cara memasarkan melalui media sosial, grup chatting, dari mulut ke mulut, dll.
3) Strategi Bisnis
Strategi bisnis dilakukan dengan mempelajari pesaing untuk mengambil hal-hal yang baik dari mereka.
C. Analisis SWOT
1. Strenght
• Potensi pasar yang cukup besar dan menjanjikan
• Respon masyarakat yang positif
• Bahan baku yang mudah didapat
• Kualitas yang baik
• Harga lebih murah
2. Weakness
• Jumlah pesaing yang cukup banyak
• Ketidakpercayaan masyarakat akan kualitas yang ditawarkan
3. Opportunity
• Banyaknya konsumen
• Mudahnya melakukan promosi
4. Threats
• Timbul usaha sejenis yang lebih murah
• Jaringan usaha yang belum luas
• Naiknya harga bahan baku karena banyaknya permintaan
D. Rencana Anggaran
1. Pembiayaan
a. Modal Awal
• Mukena 2½ lusin @Rp 60.000/pcs Rp 1.800.000
• Lain-lain Rp 50.000
• Jumlah Rp 1.850.000
b. Biaya Variabel
• Alat tulis Rp 10.000
• Plastik Rp 20.000
• Lakban Rp 5.000
• Jumlah Rp 35.000
c. Biaya Tetap
• Wifi Rp 250.000
• Jumlah Rp 250.000
2. Analisis Titik Impas
Jumlah modal awal : Harga jual
= 1.850.000 : 130.000
= 14,2 ≈ 14 pcs
Jadi, untuk mencapai titik impas maka mukena harus terjual sebanyak 14 buah.
3. Perkiraan Penjualan
Asumsi per hari terjual 1 pcs
1⨯130.000⨯30 hari = 3.900.000
4. Laba Bersih
Penjualan Biaya Variabel Biaya Tetap
= Rp 3.900.000 Rp 35.000 Rp 250.000
= Rp 3.615.000
5. Perkiraan Modal Kembali (Payback Period)
BAB III
PENUTUP
A. Penutup
Demikianlah proposal ini kami ajukan. Semoga mendapatkan sambutan yang positif dan menjadi bahan pertimbangan, serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
Kami yakin dengan rencana ini, usaha yang kami lakukan mampu memperoleh keuntungan yang besar. Hal-hal yang belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum akan ditinjau kembali sebagai pengajuan serta pertimbangan bagi investor. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
terimakasih telah berbagi ilmu wirausaha yang pasti dibutuhkan banyak orang, artikel yang sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir di Android