Contoh Kasus Pelanggaran Etika Bisnis oleh United Airlines

Maskapai penerbangan komersial Amerika Serikat, United Airlines, memaksa seorang penumpangnya meninggalkan kursi dan turun dari pesawat dengan nomor penerbangan 3411 yang akan lepas landas dari Chicago ke Louisville, Kentucky. Insiden itu berlangsung pada Minggu 9 April 2017 waktu setempat.

Seorang penumpang, Dr David Dao kehilangan dua gigi depan dan menderita patah hidung ketika dikeluarkan paksa dari pesawat.
Peristiwa tidak menyenangkan yang dilakukan pihak United Airlines itu terjadi demi memberikan kursi bagi empat karyawan mereka. Sementara, kondisi pesawat pada saat itu overbooked atau kelebihan penumpang.

Dalam surat kepada karyawan, yang diperoleh media Amerika Serikat, Oscar Munoz, bos maskapai United Airlines mengatakan 'kecewa melihat dan mendengar hal yang terjadi' namun menambahkan penumpang bersangkutan 'mengganggu dan melawan'.
Lewat email, seperti yang dikutip kantor berita Associated Press, Munoz mengatakan, "Karyawan kami mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan untuk menangani situasi seperti itu."
Para pengacara David Dao, penumpang yang diseret paksa dari pesawat United Airlines, membawa kasus tersebut ke ranah hukum.Mereka mengajukan permintaan secara resmi ke Pengadilan Negara Bagian Illinois agar United Airlines dan pemerintah Kota Chicago mempertahankan semua rekaman video kamera pengawas, rekaman suara di dalam kokpit, daftar penumpang, dan daftar awak kabin yang terkait dengan insiden penyeretan David Dao.

Penyelesaian
United Airlines mengubah kebijakan memberikankan kursi di menit terakhir pada stafnya saat penerbangan penuh setelah kemarahan global akibat seorang penumpang diseret paksa.
Maskapai ini mengatakan bahwa dalam penerbangan-penerbangan mendatang, kursi untuk staf maskapai akan dialokasikan setidaknya satu jam sebelum keberangkatan.


Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

100 Impian dalam Hidup

Proposal Pendirian Usaha Bisnis Mukena

Tugas Individu Ekonomi Koperasi